you're reading...
my life is beautiful, story of me, TravellerNotes

Travel-Work to Kutai Barat – Part 1

Pak Bos: “Sepertinya ini harus langsung diselesaikan di Site Project, bagaimana hakim? kamu siap?
Saya: “Kapan pun waktunya, saya siap pak” (dalam hati: cihuii.. kerja sambilan jalan-jalan”

Edisi kali ini sangat spesial, karena saya tidak pyiur hanya ngetrip. tetepi ada misi khusus dibalik ngtrip saya kali ini. yaitu “Kerjaan Top Urgent” :cool

Kebetulan saat ini saya sedang bekerja di sebuah perusahaan mining contractor yang projectnya sebagian besar di wilayah Kalimantan. Saat saya diminta untuk ke site project untuk mengurusi suatu pekerjaan itu adalah sebuah hal yang saya nanti-nantikan yang akhirnya bisa tercapai. Setelah melewati persiapan yang cukup lama, mulai dari mempersiapakan akomodasi perjalanan sampai data yang dibawa untuk pekerjaan disana. Tibalah waktunya untuk saya berangkat ke site project yaitu menuju Kutai Barat, Kalimantan Timur.

Jam 3 pagi waktu Jakarta, saya sudah siap untuk menuju Soekarno Hatta Airport. Dengan membawa gembolan dan perlengkapan perang saya siap untuk perjalanan kali ini walaupun mata masih menahan kantuk dan rasanya ingin tidur, karena semaleman itu gag bisa tidur hadeuuhh… Tiba di airport saya langsung check-in ticket dan melaksanakan shalat subuh. Tak lama kemudian pesawat menuju Balikpapan pun siap untuk berangkat, dan saya pun menikmati perjalanan di dalam pesawat. Hmm.. nampaknya ada yang berbeda dari pemandangan di atas pesawat ketika saya terbang ke Makassar dan terbang ke Balikpapan. Jika terbang ke Makassar saya hanya menemukan pemandangan laut saja, tetapi ketika terbang ke Balikpapan saya menemukan pemandangan laut, hutan hijau dan aliran sungai yang membelah pulau Kalimantan. Maklum baru sekali terbang ke daerah Kalimantan, #eaaaa..

Setelah terbang kurang lebih 2 jam, tibalah saya di Balikpapan, Kalimantan Timur. Di sana pun sudah ada yang menjemput saya untuk langsung ke lokasi site project. Waktu tempuh perjalanan ke site project adalah 8 jam perjalanan, lokasinya terletak di Camp Baru, Muara Tae – Kutai Barat. Mendengar waktu tempuh perjalan yang jauh, sejenak saya berfikir: “se-tepos apa nanti bokong gw, ditambah jalanannya mungkin masih tidak rata seperti jalur di pulau jawa” hmmm.. seperti apapun perjalanannya nikmati saja perjalanan itu, karena munkgin suatu saat saya tidak akan berkunjung lagi dan menemui trip yang sepert itu. tariiiikk maang!! perjalanan pun di mulai…

4 jam pertama.. Balikpapan – Tenggarong, Kutai Kertanegara
Perjalanan ditempuh melalui jalur darat, dengan jalanan yang rata dan berkelok sambil ngobrol-ngobrol dengan Pak Sutoyo (Driver) dan Pak Nova (LV Trainer). Saya baru mengenal dan bertemu mereka pertama kali, padahal mereka juga bekerja ditempat yang sama seperti saya, hanya beda lokasi kerja saja. Ditengah-tengah obrolan mereka tak terasa saya tiba-tiba tertidur, mungkin karena semalaman saya tidak tidur dan perjalanan menuju tenggarong pun hanya dilewati dalam mimpi #phiuuhh..

Setelah melewati kurang lebih 4 jam tertidur dalam perjalanan (he..), akhrinya saya sampai juga di Kutai Kertanegara – Tenggarong untuk beristirahat, makan siang dan shalat dzuhur. Dari kejauhan, saya melihat jembatan Kutai Kertanegara atau yang bisa disebut jembatan KuKar yang baru-baru ini terjadi kecelakaan disana, yaa.. jembatan itu putus dan hanya tinggal fondasinya saja yang saya lihat dari kejauhan. Sayangnya saya hanya bisa melihat Jembatan KuKar tersebut dari kejauhan. Ingin rasanya melihat dari dekat jembatan yang dulunya sangat indah menurut cerita penduduk di sekitar, tetapi saya harus melanjutkan perjalanan menuju site project. Dan perjalanan pun belum berhenti…

4 jam terakhir.. Tenggarong – Camp Baru, Kutai Barat
Perjalanan dari Tenggarong menuju Camp Baru ternyata harus ganti mobil dan driver, kali ini Pak Heri sebagai driver saya, Pak Nova dan Pak Sony menuju Camp Baru. Mobil yang di pakai pun lebih garang daripada mobil yang membawa saya dari Balikpapan ke Tenggarong. Sejenak terlintas di fikiran saya, pasti medan yang di lalui sangat berat ini. bisa jadi seperti mobil rally he.. Oia, ada orang baru ternyata saat saya menuju Camp Baru, ya! namanya Pak Sony, beliau baru bergabung di perusahaan yang saya tempati sekarang. Beliau sebagai Store Foreman di site project. Sepanjang perjalanan saya hanya mengobrol dan bercerita dengan pak Sony, beliau becerita banyak tentang dunia pekerjaan di bidang mining. Saya jadi banyak tau sekarang mengenai pekerjaan di kantor saya, paling tidak menambah ilmu lagi tentang parts alat-alat berat karena sepertinya pak Sony hafal betul parts alat berat untuk mining. Setengah perjalanan telah di lalui, akhirnya saya dan rombongan beristirahat sejenak di warung kopi, sambil menikmati hangatnya kopi dan sedikit mengganjal perut yang lapar dengan sepotong roti. Secangkir kopi pun telah habis saya minum, begitu juga dengan teman-teman rombongan, maka saya pun melanjutkan perjalanan kembali menuju Camp Baru. Setelah melewati tempat peristirahatan di tempat warga, pemandangan yang saya bisa lihat di sekitar hanya hutan dan perkebunan kelapa sawit dan saya pun akhirnya melewati jalanan off road, ini dia yang saya nanti-nantikan. Saya di dalam mobil yang melaju melewati genangan lumpur dan tanah di jalanan yang rusak membuat saya terpental dari tempat duduk saya berkali-kali, padahal itu sudah memakai sabuk pengaman. Sungguh pengalaman perjalanan yang baru saja saya rasakan, It’s great!!

Akhirnya.. saya sampai juga di site project, perjalanan panjang selama 8 jam dari Balikpapan sampai ke Camp Baru, Muara Tae – Kutai Barat benar-benar membuat pengalaman baru untuk cerita perjalanan saya. Sesampainya di site project, saya di arahkan untuk menempati tempat dimana saya menginap selama seminggu di camp karyawan. Dan.. Ya! saya ditempatkan di kamar yang cukup nyaman dan di kamar itu hanya saya sendiri. huff.. senang rasanya bisa sampai ditempat tujuan dan bisa merebahkan badan saya yang pegal-pegal karena seharian duduk saja he..

Misi selanjutnya adalah menyelesaikan pekerjaan yang telah di amanahkan dari Bos saya untuk diselesaikan di site project. semangaaatt!!!

About mbhakeem

Seseorang yang selalu merealisasikan impian untuk menjadi kenyataan.

Discussion

8 thoughts on “Travel-Work to Kutai Barat – Part 1

1. Reblogged this on Reblog This One.

Posted by reblogthisone | August 4, 2012, 2:16 am
  2. Pedalaman banget yah bro .. banyak view bangus ngak di Kutai?